Kepanjangan Dari BPK

 

bolagg

Kepanjangan dari BPK adalah Badan Pemeriksa Keuangan. BPK adalah institusi yang diberi tanggung jawab untuk mengelola keuangan negara.BPK berfungsi sebagai penjaga independensi dan profesionalisme dalam melakukan audit keuangan. Lembaga ini bekerja secara bebas dan mandiri, menjalankan tugasnya berdasarkan Undang-Undang Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejarah mencatat lembaga BPK dibentuk pada awal kemerdekaan Indonesia untuk menggantikan fungsi Algemene Rekenkamer yang ada pada masa kolonial Hindia Belanda. Sebagai institusi pengawas keuangan negara, BPK terus mengembangkan perannya seiring dengan perkembangan negara dan tuntutan kebutuhan pengawasan keuangan yang semakin kompleks.

Tugas dan tanggung jawab BPK terdiri dari tiga aspek yang diatur dalam Pasal 23E. Pertama, BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. BPK sebagai badan pemeriksa keuangan harus bersifat bebas dan mandiri.

Kedua, hasil pemeriksaan keuangan negara yang dilakukan oleh BPK diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sesuai dengan kewenangannya. Ketiga, hasil pemeriksaan tersebut harus ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan dan/atau badan sesuai dengan undang-undang.




Cara menjadi pegawai BPK

Posting Komentar

0 Komentar