Kepanjangan Selang NGT

 

bolagg

NGT merupakan singkatan dari Nasogastric Tube merupakan istilah yang merujuk pada pemasangan suatu selang yang dimasukkan melalui hidung sampai lambung.Pemasangan selang nasogastrik atau nasogastric tube (NGT) sering dilakukan untuk memberikan makanan dan obat kepada pasien atau mengosongkan lambung. Tidak hanya terpasang selama di rumah sakit, selang nasogastrik juga bisa terpasang hingga pasien pulang ke rumah.

Selang nasogastrik (nasogastric tube/NGT), yang dikenal juga dengan nama selang makanan atau sonde, adalah selang plastik lunak yang dipasang melalui hidung (nasal) menuju lambung (gaster). Agar tidak berpindah posisi, selang akan direkatkan ke kulit di dekat hidung dengan pita perekat.

Pemasangan selang nasogastrik bertujuan untuk membantu pemberian makanan dan obat-obatan kepada pasien yang tidak bisa mengonsumsi zat tersebut melalui mulut, misalnya pada bayi prematur atau pasien koma. Selain itu, selang nasogastrik juga bisa digunakan untuk mengeluarkan gas atau cairan dari dalam lambung.

Tak hanya melalui hidung, selang juga bisa dimasukkan melalui mulut atau selang orogastrik (orogastric tube/OGT). Selang orogastrik biasanya dipasang pada pasien yang tidak bisa menggunakan selang nasogastrik, seperti pasien dengan cedera pada hidung atau bayi baru lahir yang perlu bernapas sepenuhnya dari hidung.




Cara memasang selang NGT

Posting Komentar

0 Komentar