Kepanjangan Dari IKN

 

bolagg

Pembangunan IKN sudah mulai dilakukan,lalu apakah kalian tahu apa itu IKN? IKN merupakan kepanjangan dari Ibu Kota Nusantara.IKN merupakan proyek monumental yang direncanakan untuk menjadi pusat administrasi dan pemerintahan Indonesia. Dilansir dari laman resmi Proyek IKN, tujuan utama dari pembangunan ini adalah untuk mewujudkan visi Indonesia 2045 sebagai negara maju.

Pembangunan IKN menjadi fokus utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 sebagai proyek prioritas strategis. Dalam dokumen tersebut, tercantum angka besar yang menunjukkan kebutuhan dana untuk merealisasikan proyek ini, yakni sekitar Rp466 triliun.

Presiden Joko Widodo yang mengumumkan Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN, akan memiliki implikasi strategis yang sangat besar. Pembangunan ini akan dilakukan di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Langkah ini adalah bagian dari visi pemerintah dalam mengalihkan pusat administrasi negara dari Jakarta, yang saat ini mengalami masalah kepadatan penduduk dan infrastruktur yang kritis.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI), menjelaskan pemindahan Ibu Kota Negara IKN ini tidak sekadar perubahan geografis, tetapi juga merupakan upaya nyata dalam meningkatkan tata kelola wilayah Ibu Kota guna mewujudkan tujuan fundamental negara.




Harga rumah di IKN

Posting Komentar

0 Komentar