BOLAGG-Kepanjangan dari Jabodetabek

 

Kita pasti sering mendengar sebutan Jabodetabek lalu apakah yang dimaksud dengan Jabodetabek? Jabodetabek adalah kepanjangan dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi yaitu merupakan sebuah kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya. Kawasan ini mencakup wilayah administrasi DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Singkatan ini mengacu pada integrasi perkotaan dan wilayah penyangga yang membentuk satu kesatuan perkotaan yang luas dan padat penduduk di sekitar Jakarta. Wilayah ini membentuk inti dari kehidupan perkotaan di Indonesia, dengan populasi yang besar dan beragam serta berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial di negara ini.

Sebelumnya, istilah yang digunakan adalah JABOTABEK (Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi) karena pada waktu itu Depok masih menyatu dengan Bogor. Pada tahun 1999 Depok resmi menjadi Kota Madya dan memisahkan diri dari Bogor, sehingga akronim JABOTABEK berubah menjadi JABODETABEK.

Sebenarnya, akronim JABODETABEK sering dipanjangkan menjadi JABODETABEKPUNJUR dengan menambahkan wilayah Puncak dan Cianjur, Jawa Barat. Penggunaan akronim JABODETABEKPUNJUR juga telah diresmikan oleh Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2008. Namun, istilah JABODETABEK tetap lebih umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.




Bolagg bagi-bagi iphone

Posting Komentar

0 Komentar