BOLAGG-Kepanjangan Dari PCR

 

Kita pasti sering mendengar kata PCR dalam kehidupan sehari-hari apalagi Indonesia telah melewati masa Covid 19 lalu apakah yang dimaksud dengan PCR? PCR adalah kepanjangan dari Real Time Polymerase Chain Reaction. PCR merupakan mekanisme membaca kode genetik pada sampel untuk mengetahui keberadaan COVID-19. Test PCR merujuk pada Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Untuk melakukan test PCR, akan dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganggap test PCR sebagai gold standard uji COVID-19.

|Mekanisme test PCR menggunakan sampel RNA COVID-19 yang disalin balik untuk membentuk pasangan DNA. Salinan diperbanyak dengan PCR hingga terbentuk banyak rantai DNA, yang biasanya perlu waktu 6 jam hingga dua hari.

Kelebihan Test PCR adalah mampu memberikan hasil paling akurat. Meski begitu tes ini memerlukan waktu yang lebih lama dan hanya bisa dilakukan dengan tenaga terlatih.




Cara melakukan PCR mandiri


Posting Komentar

0 Komentar