BolaGG - Istilah dan Singkatan dari Crypto


Secara umum, crypto adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin oleh kriptografi. Kriptografi membuat yang kripto tidak mungkin dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda. Jadi, meskipun digunakan secara virtual, tidak mungkin ada pemalsuan yang merugikan pemiliknya.

Berinvestasi ataupun trading crypto merupakan aktivitas yang memerlukan dukungan wawasan dan pemahaman cukup. Pasalnya, trading crypto tanpa pemahaman yang cukup soal berbagai hal terkait pasar bisa membuat trader malah merugi.

Berikut sejumlah istilah dan singkatan dalam trading mata uang cypto.

  1. DEX
    Decentralized crypto exchange (DEX) atau bursa crypto terdesentralisasi adalah aplikasi berbasis blockchain yang melakukan koordinasi perdagangan aset crypto skala besar di antara banyak pengguna. 

  2. POW
    Proof of Work (PoW) adalah mekanisme konsensus terdesentralisasi yang mengharuskan anggota jaringan untuk berusaha memecahkan teka-teki matematika dan mencegah siapa pun memainkan sistem.

  3. POS
    Proof of Stake (PoS) adalah mekanisme konsensus cryptocurrency untuk memproses transaksi dan membuat blok baru di blockchain. Mekanisme konsensus adalah metode untuk memvalidasi entri ke dalam database terdistribusi dan menjaga keamanan database. Dalam kasus mata uang kripto, basis datanya disebut blockchain—jadi mekanisme konsensus mengamankan blockchain.

  4. DPoS
    Delegated Proof of Stake (DPoS), peserta masih mempertaruhkan koin. Namun, alih-alih bertanggung jawab atas validasi sendiri, pemangku kepentingan mengalihdayakan pekerjaan tersebut kepada seorang/sekelompok delegasi.

  5. ICO
    Initial Coin Offering (ICO) adalah istilah dalam industri cryptocurrency yang setara dengan penawaran umum perdana (IPO). Perusahaan yang ingin mengumpulkan uang untuk membuat koin, aplikasi, atau layanan baru dapat meluncurkan ICO sebagai cara untuk mengumpulkan dana.

  6. STO
    Security Token Offering (STO) adalah penawaran token digital yang berjalan dengan teknologi blockchain yang mewakili kepemilikan aset STO. Hal ini memungkinkan penggalangan dana digital sambil tetap mematuhi peraturan pemerintah. 

  7. FOMO
    Fear of Missing Out (FOMO) adalah fenomena kuno dan bagian dari kehidupan semua manusia. Para ahli telah membuktikan bahwa FOMO memengaruhi kualitas hidup manusia—menyebabkan kecemasan, kehilangan uang, terputus dari keluarga, dan depresi.

  8. FUD dan Fudder
    Fear,Uncertainty and Doubt (FUD) atau ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan. Ini adalah kondisi yang sering menjadi strategi untuk mempengaruhi persepsi mata uang kripto tertentu atau pasar mata uang kripto secara umum dengan menyebarkan informasi negatif, menyesatkan, atau salah. 

  9. OCD
    Obsessive Crpto Disorder (OCD) adalah Kondisi yang berkembang dari waktu ke waktu dan terlihat pada mereka yang memiliki sejumlah aset kripto. Mereka menjadi obsesif melihat harga kripto naik dan turun, sepanjang hari dan malam.

  10. HODL
    HODL adalah istilah yang berasal dari kesalahan ejaan “HOLD” dalam konteks membeli dan menahan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Itu juga menjadi singkatan untuk “hold on for dear life” atau “bertahan untuk hidup tersayang” di antara investor crypto.

Posting Komentar

0 Komentar