BOLAGG-Kepanjangan Dari UKS

 


Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya UKS lalu apakah yang dimaksud dengan UKS? UKS adalah kepanjangan dari Usaha Kesehatan Sekolah yang merupakan upaya perilaku hidup sehat dan bersih yang dilakukan di lingkungan sekolah. Selama ini kita mungkin mengenal UKS seperti ruangan untuk menampung siswa yang sakit, ibarat rumah sakit kecil di sekolah.

Peran UKS di lingkungan sekolah sangat penting demi kelangsungan kesehatan siswa. Setiap sekolah memiliki ruang UKS yang berfungsi sebagai pertolongan pertama saat siswa sakit atau cedera. Tidak hanya itu, ruang UKS juga menjadi tempat belajar seputar kesehatan.

Dilansir laman ditpsd.kemdikbud.go.id, UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah adalah upaya dalam menanamkan dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah, mulai dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah.

Dalam mendukung upaya tersebut, UKS menerapkan tri program atau Trias UKS. Menurut Sonja Poernomo (2009) dalam repository.unmuha.ac.id, Trias UKS memadukan pendidikan dengan pelayanan kesehatan yaitu :

1. Pendidikan Kesehatan
2. Pelayanan Kesehatan
3. Pembinaan Lingkungan Sekolah




Bolagg bagi-bagi iphone gratis

Posting Komentar

0 Komentar